Selasa, 27 Juli 2021

Fungsi Dwell Dan Tacho Meter Serta Cara Penggunaannya

Leave a Comment
Dwell meter dan tacho meter ialah bab dari peralatan atau alat ukur elektrik alasannya alat ini dapat digunakan kalau ada sumber listrik (membutuhkan energi listrik).
Dwell meter berfungsi untuk mengukur sudut dwell pada sebuah kendaraan. Sudut dwell mampu diartikan dengan sudut lamanya platina menutup atau lamanya arus primer koil mengalir. Sedangkan tacho meter berfungsi untuk mengukur kecepatan putaran (RPM) mesin.
Biasanya antara alat ukur dwell meter dan tacho meter dijadikan satu kesatuan, untuk lebih jelasnya tentang alat ukur ini perhatikan gambar di bawah ini :

Pada alat ukur dwell tacho meter di atas berisikan dua buah kabel adalah kabel warna merah dan kabel warna hitam. Kabel warna merah digunakan untuk mengukur signal tegangan sedangkan kabel warna hitam diposisikan ke massa atau negatif baterai).
Selain itu, terdapat skala ukuran dan jarum penunjuk, selektor untuk memilih dwell atau tacho serta sekrup penyetel untuk melaksanakan set “0”.

Cara menggunakan dwell meter
  1. Siapkan alat dwell tacho meter, lalu tempatkan saklar atau selektor ke arah dwell (untuk mengukur sudut dwell).
  2. Lakukan set “0” jarum penanda dengan memutar sektup penyetel.
  3. Pasang dwell meter, kabel warna merah ditempatkan ke negatif coil atau terminal pada biro dan kabel warna hitam diposisikan ke massa atau ground (negatif baterai)
  4.  Hidupkan mesin dan bacalah hasil pengukuran sudut dwell pada alat ukur.
  5. Baca sesuai angka yang ditunjukkan oleh jarum pununjuk (pointer) sesuai dengan jumlah silinder mesin, pada alat ukur ini terdapat dua skala jumlah silinder ialah 6 dan 8 silinder, kalau yang diukur adalah mesin dengan 4 silinder maka gunakan skala pada alat ukur di 8 silinder, baca hasil pengukuran lalu kalikan 2.




Cara menggunakan tacho meter
  1. Siapkan alat dwell tacho meter, kemudian tempatkan saklar atau selektor ke arah tacho (untuk mengukur RPM mesin).
  2. Lakukan set “0” jaru penunjuk dengan memutarkan sektrup penyetel.
  3. Pasang tacho meter, kabel warna merah ditempatkan ke negatif coil atau terminal pada biro dan kabel warna hitam diposisikan ke massa atau ground (negatif baterai).
  4. Hidupkan mesin dan bacalah hasil pengukuran RPM mesin pada alat ukur.
  5. Untuk RPM, angka yang ditunjukkan oleh jarum penunjuk (pointer) jadinya dikalikan 100. Apabila mesin tersebut mempunyai 4 silinder maka kerjakan pembacaan pada alat ukur di skala 8 silinder, tetapi hasil pembacaan di kalikan 2.

0 коммент.:

Posting Komentar