Cara Kerja Sistem Ac Mobil
Sistem kerja Air Conditioner pada mobil atau prinsip serta cara kerja ac mobil yakni dengan cara mensirkulasikan refrigerant atau freon pada unsur ac mobil yang ialah sirkulasi tertutup ketika ac kendaraan beroda empat dinyalakan.Siklus ac mobil atau sirkulasi refrigerant pada metode ac kendaraan beroda empat mampu di lihat pada gambar di atas yang bisa di jelaskan sebagai berikut:
- Kompressor ac berputar menghisap freon pada segi tekanan rendah dan memompa gas refrigerant menuju kondensor ac dalam keadaan bertekanan dan bertemperatur tinggi, selanjutnya freon yang bertekanan tinggi dan berupa gas di rubah menjadi cair oleh kondensor ac.
- Freon yang berupa cair melewati receiver drier untuk di saring atau difilter jika terdapat kotoran
- Setelah melalui receiver drier freon cair bertekanan tinggi menuju expansi valve melewati saluran sempit pada expansi valve dan di kabutkan pada evaporator atau di rubah wujudnya dari cair menjadi gas.
- Dari evaporator berikutnya gas refrigerant atau freon kembali dihisap oleh kompressor dan siklus berulang dari awal.
Berikut adalah Komponen ac kendaraan beroda empat beserta Fungsinya:
.
Pada metode AC, kompresor berfungsi selaku pompa yang berguna untuk mensirkulasikan refrigerant (freon) pada sistem. Refrigerant akan dihisap oleh kompresor kemudian refrigerant akan ditekan oleh kompresor untuk bersirkulasi ke seluruh sistem. Refrigerant yang keluar dari kompresor akan memiliki tekanan yang tinggi, berbentuk gas dan bertempretur tinggi. Kompresor sendiri pada tata cara AC terdapat beberapa tipe adalah tipe reciprocating dan tipe rotary. Pada kompresor tipe reciprocating dibagi lagi menjadi 2 yaitu tipe swash dan tipe crank. Sedangkan untuk kompresor tipe rotary yakni memakai jenis trough vane. Pada kompresor AC terdapat kopling magnet yang berfungsi untuk menghubungkan dan menetapkan putaran mesin ke kompressor. Ketika AC on maka kopling magnet akan menghubungkan putaran mesin ke kompressor dan saat AC off maka putaran dari mesin akan terputus sehingga tidak terhubung ke kompressor.
Pada metode AC, kondensor berfungsi untuk mendinginkan gas refrigerant atau freon yang mempunyai tekanan tinggi dan temperatur tinggi sesudah melalui kompresor. Pada condensor, refrigerant akan mengalami proses kondensasi yang menyebabkan terjadinya pergantian bentuk refrigerant, dari bentuk gas menjadi bentuk cair. Semakin besar panas yang dikeluarkan oleh kondensor maka makin baik pula imbas pendinginan pada evaporator.
3. Receiver dryer – refrigerant cair dari kondensor ac masuk ke inlet receiver drier melewati deciscant atau filter untuk menyaring jika terdapat kotoran. Beberapa sistem ac mobil tidak di butuhkan receiver drier sebab proses pelepasan panas atau pendinginan yang baik terjadi di kondensor sehingga proses kondensasi di kondensor terjadi dengan sempurna. Bentuk serta tipe drier juga beragam, ada yang terpisah dengan kondensor atau pun menjadi satu dengan kondensor.
Setelah refrigerant atau freon melewati kondensor maka akan menuju ke receiver dryer. Fungsi receiver dryer pada tata cara AC ialah untuk menyaring kotoran dan menyerap air yang terbawa oleh refrigerant. Pada receiver dryer terdapat 2 bagian adalah filter dan desiccant. Filter pada receiver dryer berfungsi untuk menyaring kotoran yang terbawa oleh refrigerant sedangkan untuk desiccant pada receiver dryer berfungsi untuk menyerap air yang terbawa oleh refrigerant. Kenapa air dihentikan ada di metode AC ? Jawabannya yaitu bila pada tata cara AC terdapat air maka air tersebut dapat membeku di expansion valve sehingga akan mengusik kinerja dari metode AC alasannya es tersebut akan menghalangi atau menutupi akses-susukan pada expansion valve. Pada receiver dryer juga dilengkapi dengan sight glass (kaca pengintai) yang berfungsi untuk menyaksikan (memeriksa) jumlah refrigerant yang ada pada metode AC selama metode AC bekerja.
Evaporator
Setelah refrigerant melalui katup ekspansi maka selnjutnya akan menuju ke evaporator. Evaporator pada metode AC memiliki fungsi kebalikan dari unsur kondensor. Fungsi dari evaporator yakni untuk menyerap panas, refrigerant yang melalui evaporator ini akan menyerap panas dari udara yang dihembuskan oleh bagian blower. Sehingga udara yang dihembuskan oleh blower sehabis melalui evaporator akan bersuhu dingin. Karena refrigerant tadi menyerap panas dari udara maka bentuk refrigerant sehabis keluar dari evaporator akan berubah dari yang berupa patikel-partikel kecil menjadi gas.
Heater Unit – merupakan penghangat atau menghembuskan udara panas saat angin blower melalui heater, heater menerima panas dari terusan air pendingin mesin atau air radiator. Heater Unit pada ac kendaraan beroda empat banyak didapatkan pada kendaraan yang diperuntukan untuk pemakaian kendaraan beroda empat di daerah cuek.
Kipas kondensor
Kipas kondensor berfungsi untuk menghembuskan udara melalui kondensor sehingga terjadi proses absorpsi panas di kondensor.
Blower
Blower berfungsi untuk menghembuskan udara melalui evaporator dan lalu udara yang sudah melewati evaporator akan dikirim ke dalam ruangan kendaraan beroda empat.
Refrigerant
Refrigerant atau freon merupakan zat yang sungguh meudah menguap dan fungsi dari refrigerant yakni selaku penghantar panas di dalam sirkulasi metode AC.



0 коммент.:
Posting Komentar